WABUP ZULDAFRI DARMA LETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN GEDUNG KAN KUMANGO SUNGAI

Image

Balai Adat Kerapatan Adat Nagari (KAN) merupakan salah satu gedung pertemuan yang untuk mengambil suatu keputusan oleh pemangku adat melalui musyawarah mufakat.

Mengingat pentingnya gedung balai adat KAN tersebut ninik mamak pemangku adat, walinagari dan perantau nagari Kumongo Kecamatan Sungai Tarab merencanakan pembangunan kembali gedung yang representatif disebabkan gedung yang lama sudah tidak layak dan diperlukan renovasi kembali.

Hal tersebut disampaikan Ketua KAN Nagari Kumango A. Dt. Gadang Majo Lelo dihadapan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, saat peletakan batu pertama pembangunan KAN Nagari Kumango Kecamatan Sungai Tarab, Minggu (16/8).

A. Dt. Gadang Majolelo, menyampaikan pembangunan gedung KAN yang baru ini berdasarkan kesepakatan dari ninik mamak, walinagari dan perantau serta dukungan dari masyarakat, direncanakan dibangun tiga tingkat dengan biaya sekitar Rp. 1,5 miliyar yang akan dimanfaatkan untuk sekretariat, gedung pertemuan dan rumah singgah, dengan sumber dana dari APBD melalui APB Nagari dan aspirasi anggota DPRD, swadaya melalui Yayasan Kumango Sakato, perantau dan masyatakat.

Sementara itu Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam sambutannya sampaikan apresiasi kepada perantau yang siap bahu membahu untuk membangun nagari yang sangat membantu pemerintah daerah dalam membangun nagari.

"Pemerintah daerah apresiasi perantau dan masyarakat yang telah berperan aktif dalam membangun nagari khususnya saat ini telah berperan dalam merencanakan pembangunan gedung KAN yang sangat representatif," kata wabup.

Wabup tambahkan, dengan dibangunnya gedung KAN nantinya yang pemanfaatannya sangat terencana dan ini satu-satunya gedung KAN yang multifungsi, diharapkan akan menjadi contoh bagi nagari lain.

Selain itu, wabup juga mengajak perantau memanfaatkan potensi yang ada untuk mengenalkan kepada daerah rantau masing-masing di antaranya keindahan alam dan tradisi silek Kumango yang sudah mendunia.

Sebelumnya Ketua Perantau PPKJ Herman Naga sampaikan terimakah kepada pemerintah nagari yang telah melibatkan perantau dalam membanguan dan memajukan nagari." Insya Allah kami warga Kumango yang berada di rantau akan turut berperan dalam memajukan nagari Kumango dengan tujuan mensejahterahkan masyarakat yang berada di kampung," kata Herman.

Hal senada juga disampaikan Pengurus Yayasan Kumango Sakato    Asri Nurdin. "Kami dari YKS mendukung kegiatan yang dilaksanakan nagari dengan tujuan mensejahterakan masyarakat nagari, mari kita saling bahu membahu dalam membangun nagari," ajaknya.

Turut hadir pada acara tersebut Camat Sungai Tarab Afrizal, Forkopimca, Walinagari Kumango Iis Zamora, pengurus LKAAM Tanah datar, perantau, tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan pembanguan tahap awal oleh pengurus YKS sebesar Rp50 juta dilanjutkan dengan  peletakan batu pertama pembanguan gedung KAN nagari Kumango oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma, dilanjutkan perantau, camat, walinagari dan ketua KAN Kumango. (humas/eri/adi)

BERITA TERBARU

TANAH DATAR BERTAMBAH POSITIF 5 ORANG, TES SWAB TERUS DILAKUKAN
Image

Antisipasi penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus melakukan test swab kepada warga yang kontak erat pasien positif dan pelaku perjalanan dinas.

Kepala Dinas Kesehatan ...

KASUS TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 BERTAMBAH 12 ORANG, WABUP ZULDAFRI
Image

Penambahan kasus terkonfimasi positif Covid-19 di Tanah Datar belum juga berhenti. Saat bangsa Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan ke-75 pada 17 Agustus 2020, Laboratorium Fakultas Kesehatan Unand ...

DENGAN PROTOKOL KESEHATAN, UPACARA BENDERA HARI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS DI
Image

Upacara penaikan bendera merah putih peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Senin (17/08/2020) di lapangan kantor Bupati Tanah Datar berlangsung khidmat dan lancar dengan menggunakan ...